Sebelum Monetisasi, Optimisasi Youtube Dulu

Youtube optimisasi, youtube seo, youtube monetisasi

Sumber Foto: youtube

Siapa sih yang ga mau video youtubenya ditonton banyak orang? Sudah bikin video konten yang bagus tapi viewers ga nanjak-nanjak juga? Mungkin ada kesalahan pada optimisasi video Anda.



Disini kita bakal berbagi informasi tentang bagaimana meng-optimisasi video pada youtube.

  1. Ganti Nama File sebelum di upload di Youtube

Sebelum Anda mengunggah video Anda, ada baiknya Anda mengganti nama file sesuai dengan isi konten video Anda. Contoh : “resep-soto-ayam-kuning-enak-gampang.mp4”.

  1. Judul Video yang Tepat

Masukkan judul video Anda setidaknya 5 kata dan harus ada kata kunci yang Anda inginkan, sebaiknya diawal judul. Contoh : “Resep Soto Ayam Enak dan Gampang”

  1. Tulis Deskripsi yang Informatif

Pastikan pada video deskripsi anda memasukkan beberapa kriteris berikut ini: Masukkan ‘call to action’ misalkan link ke website, social media, atau link barang pada website ecommerce Anda; Setidaknya memuat 250 kata; Pada kalimat pertama masukkan keyword yang Anda inginkan; Masukkan keyword senatural mungkin, jangan terlalu banyak dan diulang-ulang.

  1. Jangan lupakan Keyword Tagging

Memberikan tag pada video Anda bisa membantu viewers untuk menemukan video Anda lebih mudah, video Anda juga akan muncul pada ‘Suggested Video’. Youtube memberikan tag maksimal sebanyak 15 tags, JANGAN LEBIH DARI 15 TAGS youtube akan mengabaikan video Anda.

  1. Cards

Gunakan Cards pada akhir video card akan muncul dan berinteraksi dengan viewers, Anda bisa menggunakan Youtube Cards sebanyak 5 cards pada satu video, caranya masuk pada Video Manager lalu cari video yang akan Anda masukkan Card, pilih Edit, Pada Bar di atas pilih Cards, Pilih Cards dan pilih jenis Card yang anda Inginkan.

  1. Custom Thumbnail

Menggunakan custom thumbnail yang attractive dan sedikit lebay terbukti bisa menarik viewers untuk menonton video Anda. Pastikan thumbnail Anda setidaknya mempunyai resolusi 1280×720, diunggah dengan menggunakan file .JPG, .GIF, .BMP, atai .PNG. Pastikan ukuran file maksimal 2MB dengan aspect ratio 16:9

  1. Bagikan Video Anda

Untuk memaksimalkan jangkauan viewers Anda, Anda bisa share youtube video Anda di platform social media Anda, atau dengan meng-EMBBED youtube video Anda di website Anda. Anda Juga bisa meng-embbed video Anda di 1halaman.com apabila Anda sudah punya web di 1halaman.com Layanan Nebeng Website Pertama di Indonesia.

Sekian dulu tips dan trik untuk mengoptimisasi youtube video Anda, apabila Anda punya tips lain bisa share dengan kami di kolom komentar, kalau Anda informasi terbaru akan kami tambahkan di kemudian hari, Happy Vlogging!



Recent Posts

Categories